KURIKULUM PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING
FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA
A. PROFIL LULUSAN BK
Guru bimbingan dan konseling/ konselor di sekolah, Konselor di luar Sekolah, Peneliti di bidang Sosial, dan Motivator
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN
NO | ASPEK SPK | KODE | CAPAIAN PEMBELAJARAN SPESIFIK PROGRAM STUDI |
1 | Sikap dan Tata Nilai | S1 | Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; | ||
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila; | ||
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; | ||
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | ||
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | ||
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | ||
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | ||
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan | ||
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan | ||
2 | Keterampilan Umum | KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; | ||
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | ||
KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | ||
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; | ||
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun diluarlembaganya; | ||
KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; | ||
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; | ||
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
NO | ASPEK SPK | KODE | CAPAIAN PEMBELAJARAN SPESIFIK PROGRAM STUDI |
3 | Keterampilan Khusus | KK1 | Mampu melakukan kegiatan asesmen secara individual dan kelompok dengan teknik tes dan nontes secara efektif untuk menghasilkan rancangan program Bimbingan dan Konseling komprehensif yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan lingkungan; |
KK2 | Mampu membuat perencanaan, membuat desain, melaksanakan dan melakukan evaluasi program Bimbingan dan Konseling serta melakukan tindak lanjut berdasarkan hasil asesmen, evaluasi dan hasil penelitian yang relevan, serta mengkomunikasikannya kepada pihak-pihak terkait; | ||
KK3 | Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan penelitian dan pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam berbagai setting berdasarkan berbagai macam pendekatan, teori, dan teknik yang relevan serta menyusun dalam laporan ilmiah; | ||
KK4 | Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan pelayanan bimbingan berdasarkan pendekatan-pendekatan, model-model, pola-pola, dan teknik-teknik bimbingan yang relevan berbasis dinamika kelompok dan experiential learning pada setting kelas dan luar kelas dengan berfokus pada karakteristik kebutuhan peserta layanan sehingga peserta dapat mencapai kompetensi kemandirian dalam perkembangannya; |
NO | ASPEK SPK | KODE | CAPAIAN PEMBELAJARAN SPESIFIK PROGRAM STUDI |
KK5 | Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan pelayanan pendukung program Bimbingan dan Konseling dengan berfokus pada karakteristik kebutuhan dan masalah peserta layanan; | ||
KK6 | Mampu mengembangkan kemahiran jaringan kerja sama dalam riset Bimbingan dan Konseling dengan pembimbing, kolega,dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. | ||
KK7 | Mampu memanfaatkan dan mengaplikasikan perangkat serta program teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran Bimbingan dan Konseling; | ||
KK8 | Mampu menerapkan evaluasi diri terhadap kelompok multikultural dalam pelayanan kerja yang berada di bawah Bimbingan dan Konseling; | ||
KK9 | Mampu memberikan pelayanan sesuai dengan multikultural sebagai upaya mandiri dan aktif untuk mendorong terjadinya pendidikan transformatif; dan | ||
KK10 | Mampu mengadministrasikan berbagai informasi dan kegiatan dalam layanan Bimbingan dan Konseling secara sistematis, objektif dan logis | ||
4 | Penguasaan Pengetahuan | PP1 | Menguasai landasan konsep filosofis dan pedagogik bimbingan dan konseling untuk memahami teori dan praktis pelayanan bimbingan dan konseling; |
PP2 | Menguasai landasan konsep psikologis, sosiologis bimbingan dan konseling untuk memahami teori dan praksis pelayanan bimbingan dan konseling; | ||
PP3 | Menguasai kerangka teori dan praktik konseling untuk menyusun, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan layanan konseling individu, dan konseling kelompok yang efektif |
NO | ASPEK SPK | KODE | CAPAIAN PEMBELAJARAN SPESIFIK PROGRAM STUDI |
PP4 | Menguasai kerangka teori dan praktik bimbingan untuk menyusun, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan layanan bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok yang efektif | ||
PP5 | Menguasai kerangka teori dan praktik layanan bimbingan dan konseling dalam setting individu dan kelompok melalui berbagai pendekatan. | ||
PP6 | Menguasai kerangka teori dan praktik riset dalam bidang bimbingan dan konseling dalam ragam setting. |
C. STRUKTUR KURIKULUM
TABEL 1. STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNTAN
SM | Kode MK | Jumlah SKS | Mata Kuliah | Keterangan |
MKWU 1 | 3 | Agama Islam | A. Mata Kuliah Prasyarat Untuk mengambil mata kuliah : Konseling Individual / Praktek Konseling : sudah menempuh mata kuliah : Dasar – dasar KonselingKeterampilan Dasar Konseling Model – model Konseling Micro Bimbingan dan Konseling, sudah menempuh mata kuliah : Media BKBK KelompokKonseling Individual / PraktekPerencanaan Pembelajaran BK | |
3 | Agama Protestan | |||
3 | Agama Katolik | |||
3 | Agama Budha | |||
MKWU 2 | 3 | Pancasila | ||
1 | MKWU 4 | 2 | Bahasa Indonesia | |
KIP 204 | 2 | Belajar dan Pembelajaran | ||
UMG 111 | 2 | Bahasa Inggris | ||
UMG 112 | 2 | Filsafat Pendidikan | ||
KIP 201 | 2 | Pengantar Pendidikan | ||
KPC 404 | 2 | Psikologi Perkembangan | ||
KPC 400 | 4 | Dasar-dasar BK | ||
Jumlah | 21 | |||
MKWU 3 | 2 | Kewarganegaraan | ||
KPC 440 | 2 | Dasar-dasar Konseling | ||
KPC 462 | 1 | Penulisan Karya Ilmiah | ||
KPC 413 | 2 | Psikologi Sosial | ||
2 | KPC 461 | 2 | Andragogi | |
KPC 406 | 2 | Psikologi Kepribadian | ||
KIP 203 | 2 | Profesi Pendidikan | ||
KPC 402 | Dasar- Dasar Pemahaman | |||
2 | Tingkah Laku | |||
KPC 409 | 2 | Kesehatan Mental | B. Mata Kuliah Pilihan Karakteristik dan Kompetensi PAUDKarakteristik dan Kompetensi SDKarakteristik dan Kompetensi Remaja Bimbingan dan Konseling PAUDBimbingan dan Konseling Anak SD Bimbingan dan Konseling Remaja Survey & Masalah BK PAUD Survey & Masalah BK Anak SD Survey & Masalah BK Remaja Setiap Mahasiswa diwajibkan mengambil mata kuliah minimal 8 SKS Untuk mata kuliah survey masalah BK mahasiswa wajib memilih 2 pilihan Nilai D wajib diulang Ujian Komprehensif prasyarat ujian skripsi | |
KPC 438 | 3 | Statistik | ||
KPC 203 | 2 | Strategi Pembelajaran | ||
KPC 403 | 2 | Psikologi Pendidikan | ||
Jumlah | 24 | |||
KPC 403 | 2 | Komunikasi Antar Pribadi | ||
KPC 461 | 2 | Bimbingan Pribadi | ||
KPC 430 | Bimbingan Konseling Anak | |||
2 | Berkebutuhan Khusus | |||
KPC 413 | 2 | Bimbingan Sosial | ||
KPC 443 | Teknik Pemahaman Individu | |||
3 | 4 | Non Tes | ||
KPC 430 | 3 | Model-Model Konseling | ||
KPC 459 | Metodologi Penelitian | |||
2 | Kuantitatif | |||
KPC 442 | 2 | Keterampilan Dasar Konseling | ||
KPC 427 | 3 | Manajemen BK | ||
KIP 205 | PLP 1 ; Pengenalan Budaya | |||
1 | Sekolah | |||
Jumlah | 23 | |||
KPC 461 | 2 | Profesi Konselor | ||
KPC 411 | 4 | Konseling Individual/Praktek | ||
KPC 417 | 4 | Bimbingan Konseling Kelompok/praktek | ||
KPC 444 | Analisis Pengubahan Tingkah | |||
4 | 3 | Laku | ||
KPC 442 | 2 | Teknik Pemahaman Individu Tes | ||
KPC 423 | 2 | Media BK Berbasis IT | ||
KPC 449 | 2 | Perencanaan Pembelajaran BK | ||
KPC 436 | 2 | Metodologi Penelitian Kualitatif | ||
KPC 463 | 2 | Evaluasi Pembelajaran | ||
Jumlah | 23 | |||
MPK 001 | Karakteristik dan Kompetensi | |||
5 | 2 | Anak Usia Dini * | ||
MPK 002 | 2 | Karakteristik dan Kompetensi Anak Sekolah Dasar * | PEDOMAN PENGISIAN LIRS (LEMBAR ISIAN RENCANA STUDI) Keterangan : Jumlah SKS yang diambil dapat pada batas maksimum walaupun IP nya minimum. Contoh IP 2,50 boleh mengambil 21 SKS Keterangan Tanda : * Mata kuliah pilihan | |
MPK 003 | 2 | Karakteristik dan Kompetensi Remaja* | ||
KPC 421 | 2 | Psikologi Konseling | ||
MPK 004 | 2 | Bimbingan Konseling Anak Usia Dini* | ||
MPK 005 | 2 | Bimbingan Konseling Anak Sekolah Dasar | ||
MPK 006 | 2 | Bimbingan Konseling Remaja * | ||
KIP 206 | 2 | Pengajaran Micro BK | ||
MPK 007 | 2 | Survey Masalah BK Anak Usia Dini* | ||
MPK 008 | 2 | Survey Masalah BK Anak SD * | ||
MPK 009 | 2 | Survey Masalah BK Remaja * | ||
KPC 453 | 3 | Praktek Model-Model Konseling | ||
KPC 428 | 2 | Pengembangan Teknologi & Inovasi BK | ||
KPC 431 | 3 | Konseling Diperluas | ||
Jumlah | 20 | |||
6 | KPC 450 | 2 | Bimbingan Konseling Keluarga | |
KPC 446 | 2 | Seminar Masalah Bimbingan dan Konseling | ||
KPC 450 | 2 | Penelitian Pengembangan | ||
KPC 454 | 2 | Penilaian Program Bimbingan dan Konseling | ||
KPC 448 | 2 | Konseling Lintas Budaya | ||
KPC 414 | 2 | Bimbingan Konseling Karir | ||
KPC 457 | 3 | Diagnosa Kesulitan Belajar dan Bimbingan Belajar | ||
KPC 451 | 2 | Kapita Selekta | ||
KPC 425 | 2 | Studi Kasus | ||
KPC 460 | 2 | Penelitian Bimbingan dan Konseling (PTBK ) | ||
KIP 202 | 2 | Kewirausahaan | ||
Jumlah | 23 | |||
7 | KIP 207 | 3 | PLP 2 : Praktek Pelaksanaan Pembelajaran Secara Terbimbing | |
KIP 208 | 2 | KKM : Kuliah Kerja Mahasiswa | ||
KPC 457 | 2 | Seminar Rancangan Penelitian | ||
Jumlah | 7 | |||
8 | KPC 458 | 2 | Ujian Komprehensif ( prasyarat ujian skripsi ) | |
KPC 459 | 4 | Skripsi | ||
Jumlah | 6 | |||
Total jumlah SKS | 147 |