KURIKULUM PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING

FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA

A. PROFIL LULUSAN BK

Guru bimbingan dan konseling/ konselor di sekolah, Konselor di luar Sekolah, Peneliti di bidang Sosial, dan Motivator

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN

NOASPEK SPKKODECAPAIAN PEMBELAJARAN SPESIFIK PROGRAM STUDI
1Sikap dan Tata NilaiS1Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9Menunjukkan     sikap     bertanggung                           jawab    atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
S10Menginternalisasi          semangat                                       kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan
2                            Keterampilan UmumKU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  KU4Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun diluarlembaganya;
  KU7Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
NOASPEK SPKKODECAPAIAN PEMBELAJARAN SPESIFIK PROGRAM STUDI
3Keterampilan KhususKK1Mampu melakukan kegiatan asesmen secara individual dan kelompok dengan teknik tes dan nontes secara efektif untuk menghasilkan rancangan program Bimbingan dan Konseling komprehensif yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan lingkungan;
KK2Mampu membuat perencanaan, membuat desain, melaksanakan dan melakukan evaluasi program Bimbingan dan Konseling serta melakukan tindak lanjut berdasarkan hasil asesmen, evaluasi dan hasil penelitian     yang              relevan,                              serta mengkomunikasikannya kepada pihak-pihak terkait;
KK3Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan penelitian dan pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam berbagai setting berdasarkan berbagai macam pendekatan, teori, dan teknik yang relevan serta menyusun dalam laporan ilmiah;
KK4Mampu       mendesain,                   mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan pelayanan bimbingan berdasarkan pendekatan-pendekatan, model-model, pola-pola, dan teknik-teknik bimbingan yang relevan berbasis dinamika kelompok dan experiential learning pada setting kelas dan luar kelas dengan berfokus pada karakteristik kebutuhan peserta layanan sehingga peserta dapat mencapai kompetensi kemandirian dalam perkembangannya;
NOASPEK SPKKODECAPAIAN PEMBELAJARAN SPESIFIK PROGRAM STUDI
   
KK5Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan pelayanan pendukung program Bimbingan dan Konseling dengan berfokus pada karakteristik kebutuhan dan masalah peserta layanan;
KK6Mampu mengembangkan kemahiran jaringan kerja sama dalam riset Bimbingan dan Konseling dengan pembimbing, kolega,dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KK7Mampu memanfaatkan dan mengaplikasikan perangkat serta program teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran Bimbingan dan Konseling;
KK8Mampu menerapkan evaluasi diri terhadap kelompok multikultural dalam pelayanan kerja yang berada di bawah Bimbingan dan Konseling;
KK9Mampu memberikan pelayanan sesuai dengan multikultural sebagai upaya mandiri dan aktif untuk mendorong terjadinya pendidikan transformatif; dan
KK10Mampu mengadministrasikan berbagai informasi dan kegiatan dalam layanan Bimbingan dan Konseling secara sistematis, objektif dan logis
4Penguasaan PengetahuanPP1Menguasai landasan konsep filosofis dan pedagogik bimbingan dan konseling untuk memahami teori dan praktis pelayanan bimbingan dan konseling;
PP2Menguasai landasan konsep psikologis, sosiologis bimbingan dan konseling untuk memahami teori dan praksis pelayanan bimbingan dan konseling;
PP3Menguasai kerangka teori dan praktik konseling untuk menyusun, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan layanan konseling individu, dan konseling kelompok yang efektif
NOASPEK SPKKODECAPAIAN PEMBELAJARAN SPESIFIK PROGRAM STUDI
  PP4Menguasai kerangka teori dan praktik bimbingan untuk menyusun, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan layanan bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok yang efektif
PP5Menguasai kerangka teori dan praktik layanan bimbingan dan konseling dalam setting individu dan kelompok melalui berbagai pendekatan.
PP6Menguasai kerangka teori dan praktik riset dalam bidang bimbingan dan konseling dalam ragam setting.

C. STRUKTUR KURIKULUM

TABEL 1. STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNTAN

SMKode MKJumlah SKSMata KuliahKeterangan
 MKWU 13Agama IslamA. Mata Kuliah Prasyarat Untuk mengambil mata kuliah : Konseling Individual / Praktek Konseling : sudah menempuh mata kuliah : Dasar – dasar KonselingKeterampilan Dasar Konseling Model – model Konseling   Micro Bimbingan dan Konseling, sudah menempuh mata kuliah : Media BKBK KelompokKonseling Individual / PraktekPerencanaan Pembelajaran BK
  3Agama Protestan
  3Agama Katolik
  3Agama Budha
 MKWU 23Pancasila
  1MKWU 42Bahasa Indonesia
KIP 2042Belajar dan Pembelajaran
 UMG 1112Bahasa Inggris
 UMG 1122Filsafat Pendidikan
 KIP 2012Pengantar Pendidikan
 KPC 4042Psikologi Perkembangan
 KPC 4004Dasar-dasar BK
 Jumlah21
 MKWU 32Kewarganegaraan
 KPC 4402Dasar-dasar Konseling
 KPC 4621Penulisan Karya Ilmiah
 KPC 4132Psikologi Sosial
2KPC 4612Andragogi
KPC 4062Psikologi Kepribadian
 KIP 2032Profesi Pendidikan
 KPC 402 Dasar- Dasar Pemahaman
 2Tingkah Laku
 KPC 4092Kesehatan MentalB. Mata Kuliah Pilihan Karakteristik dan Kompetensi PAUDKarakteristik dan Kompetensi SDKarakteristik dan Kompetensi Remaja Bimbingan dan Konseling PAUDBimbingan dan Konseling Anak SD Bimbingan dan Konseling Remaja Survey & Masalah BK PAUD Survey & Masalah BK Anak SD Survey & Masalah BK Remaja   Setiap Mahasiswa diwajibkan mengambil mata kuliah minimal 8 SKS   Untuk mata kuliah survey masalah BK mahasiswa wajib memilih 2 pilihan   Nilai D wajib diulang   Ujian Komprehensif prasyarat ujian skripsi
KPC 4383Statistik
KPC 2032Strategi Pembelajaran
KPC 4032Psikologi Pendidikan
Jumlah                             24
  
 KPC 4032Komunikasi Antar Pribadi
 KPC 4612Bimbingan Pribadi
 KPC 430 Bimbingan Konseling Anak
 2Berkebutuhan Khusus
 KPC 4132Bimbingan Sosial
 KPC 443 Teknik Pemahaman Individu
34Non Tes
KPC 4303Model-Model Konseling
 KPC 459 Metodologi Penelitian
 2Kuantitatif
 KPC 4422Keterampilan Dasar Konseling
 KPC 4273Manajemen BK
 KIP 205 PLP 1 ; Pengenalan Budaya
 1Sekolah
 Jumlah23
 KPC 4612Profesi Konselor
 KPC 4114Konseling Individual/Praktek
   KPC 417    4Bimbingan Konseling Kelompok/praktek
 KPC 444 Analisis Pengubahan Tingkah
43Laku
KPC 4422Teknik Pemahaman Individu Tes
 KPC 4232Media BK Berbasis IT
 KPC 4492Perencanaan Pembelajaran BK
 KPC 4362Metodologi Penelitian Kualitatif
 KPC 4632Evaluasi Pembelajaran
 Jumlah23
 MPK 001 Karakteristik dan Kompetensi
52Anak Usia Dini *
 MPK 002  2Karakteristik dan Kompetensi Anak Sekolah Dasar *PEDOMAN PENGISIAN LIRS (LEMBAR ISIAN RENCANA STUDI)                     Keterangan : Jumlah SKS yang diambil dapat pada batas maksimum walaupun IP nya minimum. Contoh IP 2,50 boleh mengambil 21 SKS   Keterangan Tanda : * Mata kuliah pilihan
MPK 003  2Karakteristik dan Kompetensi Remaja*
KPC 421  2Psikologi Konseling
MPK 004  2Bimbingan Konseling Anak Usia Dini*
MPK 005  2Bimbingan Konseling Anak Sekolah Dasar
MPK 0062Bimbingan Konseling Remaja *
KIP 2062Pengajaran Micro BK
MPK 007  2Survey Masalah BK Anak Usia Dini*
MPK 0082Survey Masalah BK Anak SD *
MPK 0092Survey Masalah BK Remaja *
KPC 4533Praktek Model-Model Konseling
KPC 428  2Pengembangan Teknologi & Inovasi BK
KPC 4313Konseling Diperluas
Jumlah20
                    6KPC 4502Bimbingan Konseling Keluarga
KPC 446  2Seminar Masalah Bimbingan dan Konseling
KPC 4502Penelitian Pengembangan
KPC 454  2Penilaian Program Bimbingan dan Konseling
KPC 4482Konseling Lintas Budaya
KPC 4142Bimbingan Konseling Karir
KPC 457  3Diagnosa Kesulitan Belajar dan Bimbingan Belajar
KPC 4512Kapita Selekta
KPC 4252Studi Kasus
KPC 460  2Penelitian Bimbingan dan Konseling (PTBK )
KIP 2022Kewirausahaan
 Jumlah23 
      7  KIP 207    3PLP 2 : Praktek Pelaksanaan Pembelajaran Secara Terbimbing
KIP 2082KKM : Kuliah Kerja Mahasiswa
KPC 4572Seminar Rancangan Penelitian
Jumlah7
    8KPC 458  2Ujian Komprehensif ( prasyarat ujian skripsi )
KPC 4594Skripsi
Jumlah6
 Total jumlah SKS147